The Reds Melewatkan 3 Poin Akibat Pertahanan Rapuh

hi-res-158730820_crop_exact
Terbanguun tengah malam karena kaget sudah waktu sudah menunjukkan pukul 2.45 pagi. Buru-buru memindahkan channel ke siaran langsung Stoke vs Liverpool. Saya sangat kaget melihat skor 2-1 yang terpampang di layar TV. Saya sampai memaju mundurkan kepala sambil melihat skor dan waktu pertandingan. 15 menit sudah kebobolan 2 gol?? Firasat saya mengatakan “pasti penyakit saat melawan terulang lagi.”.    Memang itulah kenyataan yang terjadi.  Setelah memeriksa timeline twitter, ternyata bukan hanya saya saja yang mempunyai kekhawatiran yang sama. Para Kopites berteriak atas performa buruk Liverpool. Saya duduk sekitar 60 cm dari layar kaca. Tidak mau tertinggal sedikitpun setiap passing dan kesalahan tim kesayangan saya.
Shelvey benar-benar seperti kebingungan. Semua yang dilakukannya tidak mencerminkan seorang pemain yang punya intelejensi yang tinggi maupun skill yang mumpuni. Suso juga kehabisan akal menembus sayap Stoke yang dihuni raksasa-raksasa dengan badan gempal. Kedua pemain ini bisa dimaklumi karena jam terbang mereka masih sangat rendah mengingat umur mereka juga masih sangat muda.
Lucas juga tidak kelihatan, saya sempat berpikir bukannya lucas juga bertugas membantu defense dengan memotong arus passing pemain tengah? atau memang Lucas diberikan tugas lain oleh Rodgers? Yang jelas Stoke begitu mudah menghancurkan barisan pertahanan Liverpool.
Sebaliknya serangan Liverpool begitu lambat, walaupun menguasai permainan tapi apa gunanya jika tidak bisa mengancam gawang lawan? begitu lambatnya serangan liverpool, Stoke dengan mudah mengantisipasi dan mereka mempunyai banyak waktu untuk berkumpul di kotak penalti.

hi-res-158731131_crop_exact
Babak kedua juga tidak ada perbaikan dari kualitas permainan Liverpool, tiki taka yang dijanjikan Rodgers pada awal musim sama sekali tidak kelihatan. Kesalahan passing malah dominan. Shelvey yang berpenamppilan sangat buruk, tidak diganti oleh Rodgers. Ditarik keluarnya Suso menurut saya malah mengurangi speed serangan Liverpool. Belum lagi kepanikan Liverpool saat di counter attack Stoke. Dan benar saja, bukannya menyamakan kedudukan, kesalahan Agger kembali terjadi, Walters mendapat assist dari Jones dan menghajar gawang reina ketiga kalinya.
Sepertinya Agger dan Skrtel bertugas menjaga Kenwyne Jones. Memang sulit jikamerubah  skema permainan setelah pertandingan berjalan. Apalagi setelah ketinggalan 2 gol. Pemain pasti akan kehabisan akal, karena mereka merasa sudah menjalankan perintah dan skema yang diberikan pelatih. Suarez sekali lagi bekerja sendiri, tidak ada supply bola yang “matang” dan diperparah dengan cederanya sangat bertubrukan dengan begovic yang membuatnya kemingkinan besar absen saat berhadapan dengan QPR.
Saya tidak menyalahkan pemain sepenuhnya atas kekalahan ini. Apakah Rodgers masih layak menjadi pelatih Liverpool? Debut Rodgers begitu buruknya bahkan lebih buruk dari era kelam King kenny pada tahun lalu.  Apakah FSG yang patut disalahkan atas buruknya performa Liverpool karena melewati kesempatan merekrut striker pada summer kemaren? Sebagai fans Liverpool, walaupun kalah, saya tetap mendukung club kesayangan. Masih ada harapan di bulan Januari untuk memperkuat skuad Liverpool. Jika target Liverpool tetap 4 besar, maka sebaiknya FSG berbenah diri dan mencari striker yang mempunyai naluri mencetak gol yang tinggi dan tentunya rela menyediakan dana besar layaknya club-club seperti City, Chelsea, ManUtd, ataupun Spurs. Jika target mereka hanya regenerasi berarti mulai besok, menonton Liverpool saya tidak akan mengharap kemenangan tapi melihat perkembangan pemain mudanya dan yang penting tidak degradasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s