Menambal dan Menyulam Liverpool

Bursa transfer musim dingin akan segera dibuka, begitu banyak isu-isu mengenai nama-nama pemain yang akan dibeli Liverpool. Sebagian besar merupakan nama besar. Nama besar pstinya diikuti dengan nilai transfer yang besar pula. Pertanyaannya apakah FSG bersedia menggelontorkan uang untuk pembelian beberapa pemain dengan nama yang sudah mapan?

Jika berandai-andai, misalnya saya adalah FSG maka yang saya lakukan adalah (sebagai businessman tentunya) menghitung nilai beli dengan statistik penampilan dua tahun terakhir, kemudian saya akan menghitung nilai jual kembali jika pemain itu tidak perform atau bahkan menjadi pemain bintang.

Dengan patokan “perandai-andai” an tadi, maka pemain yang akan dibeli pastinya bukan pemain bintang. contoh: jika liverpool ingin membeli David Villa (itu kalau diabersedia pindah ke anfield) berapa release clausenya? 25-29 juta pound? (anggap saja segitu), umur villa 31 tahun. jika hanya untuk bermain 1 tahun buat apa mengeluarkan 29 juta? apakah dengan adanya villa liverpool dijamin bisa menjadi juara BPL dalam 1 tahun? Jika target FSG Daivid Villa minimal bermain 2 tahun, berarti nilai dia setahun paling sedikit 14,5 juta pound dan pada saat kontrak selesai umurnya mungkin sudah 33 tahun. Dipinjamkan ke klub lain pun sulit apalagi dijual.

Bukankah lebih menguntungkan membeli pemain muda yang berpotensi menjadi david villa baru dengan harga 7-12 juta pound untuk kontrak 4 tahun ? atau harganya lebih murah dari nilai david villa dalam setahun. Dan BISA DENGAN MUDAH DIJUAL KEMBALI.

Prediksi saya adalah, FSG akan membeli pemain-pemain muda yang mempunyai statistik yang stabil (bukan outstanding) dan dengan nilai di bawah 15 juta pound, dengan kisaran umur 19-26 tahun FSG bisa dengan leluasa menjual kembali jika mereka tidak perform.

Sepakbola yang diusung FSG bukanlah sepakbola glamor yang selama ini digadang-gadang Chelsea, city, Madrid dan Munchen. Sepakbola yang dibawa FSG adalah sepakbola bisnis yang menggunakan kalkulasi untung rugi, untung sebanyak mungkin dengan menekan kerugian seminim mungkin. Prestasi bukanlah target jangka pendek , Semakin besar isu positif yang ada di media tentang Liverpool maka itu adalah sebuah prestasi. Mungkin tema film Money Ball adalah salah satu contoh kecil dari cara kerja FSG saat ini.

Jika benar apa yang saya analisa mengenai FSG maka tidak heran jika manajemen Liverpool selalu meminta Liverpudlian untuk bersabar karena hal yang dibutuhkan untuk fans Liverpool mulai tahun ini sampai beberapa tahun ke depan adalah kesabaran…. tingkat tinggi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s